Perlu web design, wordpress development, atau online shopping? Konsultasi Gratis!

Anda perlu web design, modifikasi website, wordpress template / plugin? Membangun website profil perusahaan atau online shopping? Atau ingin mengoptimalkan website Anda untuk meningkatkan penjualan? Hubungi kami sekarang juga!

Tips: Konfigurasi WordPress Tanpa Plugin untuk Mengurangi Spam

12 March 2014 oleh Bambang Sugiarto

Jika blog Anda mulai memiliki traffic yang baik, maka mungkin Anda memiliki masalah dengan spam. Sebagian besar para blogger menggunakan plugin untuk memerangi Spam, namun tahukah Anda bahwa WordPress sendiri pada dasarnya merupakan CMS yang sudah cukup powerfull, termasuk dalam memerangi Spam. Dengan metode yang sangat sederhana serta sedikit konfigurasi, Anda bahkan tidak perlu menginstal plugin apapun untuk mengurangi spam.

Berikut ini caranya:

Seluruh konfigurasi dapat anda temukan didalam panel kontrol WordPress, lalu pilih menu: Settings > Discussion seperti gambar berikut:
wp settings discussion

Langkah 1: Tutup Komentar Secara Otomatis Setelah 90 Hari

Di sini, di Web Design Jakarta kami menutup komentar setelah 90 Hari. Komentar spam umumnya muncul di postingan lama. WordPress memungkinkan Anda untuk menutup komentar setelah periode waktu tertentu secara otomatis.
other comment settings

Langkah 2: Pemberitahuan Melalui Email Ketika Komentar Ditangguhkan

Ada dua pilihan yang dapat anda tentukan disini, yaitu:

  • Ketika seseorang menulis komentar di postingan anda
  • Ketika komentar ditangguhkan untuk moderasi

comment email me

Konfigurasi ini bersifat opsional. Jika komentar yang masuk tidak terlalu banyak setiap harinya, mungkin ada baiknya jika anda mengaktifkannya. Namun jika inbox email anda memiliki kapasitas terbatas, atau komentar yang masuk cukup banyak setiap harinya, maka anda tidak perlu mengaktifkan konfigurasi ini.

Langkah 3: Pre Approved Komentar

Pada bagian before a comment appears pilih: Comment author must have a previously approved comment. Dengan cara ini maka Anda tidak perlu memoderasi setiap komentar.
before comment appears

Langkah 4: Blacklist

Pada bagian comment blacklist tambahkan kata kunci yang dapat berisi: kata-kata, URL, e-mail, atau IP. Satu kata atau IP per baris. Semua yang kita masukkan didalam daftar ini akan ditandai sebagai spam.
comment blacklist

Catatan! Berhati-hatilah dengan kata-kata yang Anda tandai sebagai spam, misalnya jika Anda menggunakan kata ass maka komentar-komentar yang mengandung kata ass seperti assassins, ambassador, dan assigners juga akan ditandai sebagai spam.

Jika anda tertarik, kami memiliki kumpulan kata & IP yang sudah kami tandai sebagai spam. Anda cukup copy/paste di daftar blacklist wordpress anda. Daftar blacklist dapat anda download disini.

Langkah 5: Email pada Penulis Komentar

Pada konfigurasi other comment settings pilih Comment author must fill out name and e-mail. Dengan cara ini spammer harus mengisi alamat emailnya di form komentar.
other comment settings

Okay, cukup sudah konfigurasinya. Selebihnya serahkan pada WordPress untuk menanggulangi spam. Mudah-mudahan tips ini bermanfaat untuk Anda. Kami tunggu Kritik, saran, dan masukan lainnya yang lebih baik :)

Related Articles

5 Komentar sejauh ini.

  1. DG says:

    Mungkin orang lebih memilih menggunakan plugin karena lebih sederhana dan instant. Tapi jujur menarik banget artikelnya gan buat melindungi WordPress dari spam tanpa perlu menggunakan plugin.

  2. glend says:

    nice artikel gan…oh ya…tv streamingnya di plugin muncul Fatal error: Using $this when not in object context in…apa pengaruhnya pak. Makasih.

  3. baju bali says:

    trik sederhana tapi tepat sasaran….

Tulis Komentar